Sabtu, 28 Mei 2016

RESIMEN MAHASISWA STAI NURULFALAH



Resimen Mahasiswa adalah :
Resimen Mahasiswa atau disingkat Menwa  adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan  untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Keamamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa ini juga merupakan salah satu komponen warga Negara yang mendapat pelatihan militer (unsure mahasiswa). Markas Komando satuan Menwa bertempat diperguruan tinggi dikesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa dikampus tersebut.

Seleksi dan Latihan Militer
Berkaitan dengan itu pada pertengahan April 2016 Sejumlah Mahasiswa STAI Nurulfalah Airmolek dan STKIP Insan Madani mengikuti seleksi  calon Resimen Mahasiswa, Seleksi dan pelatihan itu sendiri dipusatkan pada Kampus STAI Nurulffalah Airmolek. Kampus STAI Nurulfalah dapat melaksanakan seleksi setelah  terbentuknya Kompi Menwa Satuan 024 Indra Bumi , yang mengacu pada   surat penunjukan  yang disampaikan Komando Menwa Satuan 024 Indra Bumi UIN Suska Riau.


Seleksi dilakukan beberapa tahap seperti latihan fisik, samapta, wawancara, latihan baris berbaris, serta kedisiplinan, dan cek kesehatan . Dari seleksi tersebut terpilih 6 orang , kemudian dilanjutkan  mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Tentara Pekanbaru pada 22 April 2016. Ini merupakan Progaram perdana STAI nurulfalah untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, dan yang terpenting bahwa kampus telah terdaftar sebagai Kompi D Menwa satuan 042. Mahasiswa yang terpilih dilanjutkan dengan latihan persiapan untuk mengikuti Pendidikan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) yang dilaksanakan di Yonif 032 Salo, kabupaten Kampar.
Acara pembukaan pendidikan dan pelattihan dasar kemiliteran resimen mahasiswa Indra Pahlawan Riau  angkatan XXXIII dibuka dengan acara upacara pembukaan dilapangan batalyon  132 Bima Sakti pada senin 2 Mei 2016.  Pelatihan ini diikuti 87 Mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan Tinggi Riau, termasuk STAI Nurulfalah Airmolek selama 15 Hari.


Upacara Penyambutan anggota Menwa
Setelah  hampir 20 hari mengikuti pelatihan , para Menwa kembali  diserahkan kepada pihak kampus STAI Nurulfalah Airmolek pada 18 Mei 2016. Penyambutan sendiri dilakukan dengan upacara resmi yang dihadiri  oleh anggota Menwa UIN Suska, Camat Pasir , Ketua STAI Nurulfalah Airmolek, Tokoh Masyarakat dan Pembina upacara sendiri dari Pihak Yayasa Pendidikan Islam Airmolek juga diikuti oleh mahasiswa dan dosen.







Upacara dilakukan secara khidmat  dilanjutkan pembacaan ikrar , pemasangan cabaret dan penyiraman air suci secara kemiliteran yang kemudian  dilanjutakan dengan pertunjukan atraksi dari para menwa.
Pihak kampus menyambut antusias mahasiswa  untuk mengikuti pelatihan Menwa, dan berharap tahun depan  jumlah mahasiswa yang mengikuti pelatihan dasar militer ini lebih banyak dari tahun ini.  (nvl)

----


Referensi :
Wikipedia
riaupos.co.id
detakkampar